Mastery in Public Speaking

Kami menghadirkan praktisi yang berpengalaman di bidangnya

Mastery in Public Speaking akan dibawakan oleh para pakar dibidang komunikasi diantaranya Dr. Sundari Soekotjo S.ip MM. seorang dosen S2. di Budi Luhur , Wijaya Kusuma Subroto SH MM CSEP Former Director di Inews 2010-2021, Gilang Iskandar SSos MM  Direktur Indosiar dan beberapa praktisi lain.

Seminar atau training tentang pengembangan karier, kami mengundang nara sumber yang sangat kompeten. Nara sumber ini adalah seorang profesional berpengalaman yang telah sukses dalam karier mereka. Mereka memiliki pengetahuan yang mendalam tentang topik yang akan dibahas dan memiliki keterampilan komunikasi yang luar biasa. Nara sumber ini akan memberikan wawasan yang berharga dan akan sesuai dengan harapan mereka. Dengan pengalaman dan keahlian yang dimilikinya, Nara sumber ini diharapkan akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam mengembangkan karier mereka.

Wijaya Kusuma Subroto SH MM CSEP

Public speaking bukan tentang seberapa baik Anda berbicara, tetapi seberapa baik Anda berkomunikasi dengan audiens.

apa itu Public Speaking dan Tujuannya

Public speaking adalah seni berbicara di depan umum di mana pembicara berkomunikasi dengan audiens mereka melalui presentasi lisan.

Menurut Cleverism diartikan sebagai keterampilan yang digunakan untuk membangun engagement atau hubungan dengan khalayak ketika berkomunikasi di depan umum. Hal ini berlaku untuk orang yang dikenal dan tidak dikenal.

Kamu mungkin sering melihat orang berbicara dengan lancar dan baik di depan ratusan atau bahkan ribuan orang. Pada dasarnya, orang ini menggunakan keterampilannya berbicara di depan umum agar percaya diri dan mampu menyampaikan informasi yang jelas kepada semua orang di depannya. Biasanya skill ini berperan penting dalam membuat seseorang terlihat lebih profesional.

Beberapa orang seringkali sangat takut ketika diminta untuk tampil dgi depan banyak orang. Padahal, ketakutan tersebut bisa diatasi dengan baik jika bisa menguasai public speaking dengan baik.

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa skill ini merupakan salah satu senjata terpenting yang perlu dipersiapkan seseorang sebelum terjun ke dunia kerja.

 

Siapa yang harus ikut

Eksternal Communication  Dalam berkomunikasi dengan pemangku kepentingan eksternal seperti pelanggan, investor, dan mitra bisnis, keahlian public speaking dapat meningkatkan pemahaman dan dukungan terhadap brand dan produk perusahaan.

Investor Relations: Pemimpin perusahaan yang mampu berbicara dengan jelas dan meyakinkan dapat membangun hubungan yang kuat dengan investor. Ini penting untuk mendapatkan dukungan finansial dan mempertahankan kepercayaan investor. 

Promosi dan Penjualan: Melalui presentasi yang efektif, perusahaan dapat mempromosikan penawaran khusus, memberikan informasi produk, dan meyakinkan pelanggan potensial untuk melakukan pembelian.

 

Manfaat Public Speaking

Reputasi Perusahaan: Public speaking membangun dan memelihara reputasi perusahaan. Ketika pemimpin tampil sebagai pembicara yang meyakinkan dan berkompeten, hal ini meningkatkan citra positif perusahaan di mata publik. 

Penguatan Nilai Perusahaan: perusahaan menyampaikan nilai-nilai inti, etika bisnis, dan tujuan sosialnya kepada audiens. Ini membantu menciptakan koneksi emosional dengan pelanggan dan pemangku kepentingan. 

Product Launches: Public speaking digunakan meluncurkan produk atau layanan. Pemimpin perusahaan  menggambarkan manfaat produk secara langsung kepada audiens, menciptakan keinginan dan minat. 

Hubungan dengan Media: Public speaking membantu mengelola hubungannya dengan media, konferensi pers, wawancara, dan presentasi, perusahaan dapat memberikan informasi yang akurat dan mempengaruhi opini yang berkembang.dalam naratifnya.

 

Motivasi Karyawan: Pemimpin yang efektif dalam public speaking dapat menginspirasi dan memotivasi karyawan. Mereka dapat menyampaikan visi perusahaan secara jelas, membangun semangat tim, dan mengukuhkan komitmen terhadap tujuan bersama. 

 

 Kredibilitas Pemimpin: Keterampilan public speaking yang baik dapat meningkatkan kredibilitas pemimpin di mata karyawan, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya.

 

Respons Krisis: Dalam situasi krisis, public speaking menjadi alat yang penting untuk memberikan penjelasan, memberikan keyakinan, dan menenangkan publik. Kemampuan berbicara secara efektif dapat membantu perusahaan mengatasi krisis dengan lebih baik.

Transparansi dan Kejujuran: Dalam menghadapi masalah atau tantangan, public speaking memungkinkan perusahaan untuk berbicara terbuka tentang langkah-langkah yang diambil dan rencana perbaikan.

Professional Team

Dr Sundari Soekotjo Sip MM

Dr Sundari Soekotjo Sip MM

Dosen Budi Luhur
Wijaya Kusuma Subroto SH MM CSEP

Wijaya Kusuma Subroto SH MM CSEP

Former Director Inews
M Firdaus SH MH CIP CRIP

M Firdaus SH MH CIP CRIP

Funco Law Founder
Novy Haryanto IR MM

Novy Haryanto IR MM

Founder IPO Advisory

pa saja materi yang didiskusikan

1: Pengantar Public Speaking

  • Definisi dan pentingnya public speaking
  • Penetapan tujuan individu dalam public speaking

2: Mengatasi Kecemasan Berbicara di Depan Umum

  • Mengidentifikasi sumber kecemasan
    Teknik relaksasi dan visualisasi positif
  • 3: Menetapkan Tujuan dan Pesan Utama
    Bagaimana menentukan pesan utama
    Strategi untuk membuat tujuan yang jelas

    4: Keterampilan Berbicara yang Efektif
    Intonasi, vokalisasi, dan ritme bicara
    Pemilihan kata dan frasa yang tepat

    5: Bahasa Tubuh dan Ekspresi Wajah
    Menguasai gerakan tubuh yang mendukung pesan
    Keselarasan antara kata dan bahasa tubuh

    6. Pemanfaatan Alat Bantu Visual
    Desain slide yang efektif
    Tips menggunakan grafik, gambar, dan video

    7: Struktur Presentasi yang Efektif
    Pengenalan, tubuh presentasi, dan kesimpulan
    Penggunaan narasi untuk meningkatkan daya tarik

    8: Penyusunan Argumen dan Pendukungnya
    Membangun argumen yang meyakinkan
    Menyusun contoh dan bukti yang relevan

    9: Membuat Presentasi yang Memorable
    Strategi agar presentasi diingat oleh audiens
    Penggunaan teknik storytelling

    10: Membangun Keterlibatan Audiens
    Teknik interaktif dan partisipatif
    Membangun hubungan dengan audiens

    11: Menanggapi Pertanyaan dengan Percaya Diri
    Strategi untuk menjawab pertanyaan secara efektif
    Mengatasi pertanyaan yang menantang

    12: Prraktek: Presentasi dan Umpan Balik Peserta
    Setiap peserta mempresentasikan materi dengan mendapat umpan balik dari sesama peserta

    13: Public Speaking dalam Bisnis dan Profesionalisme
    Presentasi dalam konteks bisnis
    Kiat untuk meningkatkan keprofesionalan

    14: Keterampilan Public Speaking Online
    Teknik berbicara di depan kamera
    Mengelola pertemuan virtual dan presentasi online

    • 15: Penutup dan Evaluasi

      • Refleksi individu terhadap perkembangan selama kursus
      • Evaluasi secara keseluruhan dan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut

    Assessment:

    • Partisipasi Aktif: 20%
    • Presentasi Tengah Kursus: 30%
    • Praktikum Umpan Balik Peer: 20%
    • Presentasi Akhir: 30%

WisdomSkills.id

Ignasius Jonan mengatakan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, tidak bisa ditemukan didalam pendidikan yang tinggi sekalipun akan tetapi dari pengalaman hidup yang akan membentuk pribadi sesorang untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang baik dimasa depan.

Tentang Kami

Team

Clients

Testimonials

© 2024 Created By Wijaya Kusuma Subroto

RSS
Follow by Email